counter

Kamis, 14 Mei 2020

Hentikan penyebaran Virus COVID-19 dengan aplikasi Peduli Lindungi

Hentikan penyebaran Virus COVID-19 dengan aplikasi Peduli Lindungi


       Kementerian Kesehatan pada tanggal 12 Mei telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) karena menimbang penyebaran virus yang signifikan disertai dengan transmisi lokal di wilayah kota Palembang. Untuk kalian yang masih harus bekerja di luar rumah, waspada akan lingkungan sekitar adalah hal yang utama. Salah satu alat untuk menjaga diri dari virus Covid-19 adalah aplikasi Peduli Lindungi.
   Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional membuat sebuah aplikasi untuk melacak dan menghentikan penyebaran virus Covid-19 yaitu aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi tersebut diluncurkan sebagai usaha menangkal penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air. Aplikasi ini mampu memantau pergerakan pasien Covid-19 yang telah dinyatakan positif, sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Bahkan, aplikasi sederhana ini mampu memantau pasien positif Covid-19 yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).
         Aplikasi Peduli Lindungi bekerja sama dengan operator seluler dan bekerja sebagai alat tracing, tracking dan fencing (memonitor jejak orang-orang yang menggunakan aplikasi selama 14 hari kebelakang, pemberian notifikasi bila pengguna berada di zona merah, serta peringatan untuk tetap di rumah (tempat isolasi)). Aplikasi ini dapat melindungi diri pengguna, keluarga, dan orang terdekat lainnya. Aplikasi Peduli Lindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk menghentikan penyebaran Covid-19 dengan cara membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

· Cara menggunakan aplikasi Peduli Lindungi adalah sebagai berikut:
  1. Unduh aplikasi di pedulilindungi.id, Play Store atau Apps Store.
  2. Buka aplikasi Peduli Lindungi yang telah terunduh.
  3. Pahami apa yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut, kemudian pilih 'Lanjut'.
  4. Pilih 'Jadi Partisipan'.
  5. Isilah Nama Lengkap dan Nomor Telepon.
  6. Pilih 'Next', yang terletak di sebelah kanan atas.
  7. Masukkan kode One Time Password (OTP) yang telah dikirim ke nomor telepon.
  8. Pilih 'Next".
  9. Baca persetujuan, kemudian pilih 'Next' lagi.
  10. Pendaftaran akun telah selesai.
  11. Pastikan Bluetooth ponsel kalian selalu dalam keadaan menyala.
  12. Selanjutnya, aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP dan ODP.

      Sebanyak dua juta pengguna telah mengunduh aplikasi yang diluncurkan sejak bulan Maret ini. Aplikasi ini sudah teruji aksesnya dan dinyatakan aman. Data pengguna akan dijaga kerahasiaannya dan dihapus setelah pandemi selesai. Semakin banyak yang mengunduh aplikasi ini berarti semakin mudah pula kalian mengetahui keamanan lingkungan sekitar agar dapat terhindar dari penularan virus Corona.

Di bawah ini ada tambahan quote yang menggambarkan kesehatan sebagai hal yang penting:

Kesehatan adalah hadiah terbesar, rasa puas adalah kekayaan terbesar, teman yang bisa dipercaya adalah saudara terbaik, pikiran yang terbebas adalah berkah terbesar
- Buddha


Sumber: www.Metrotvnews.com; Tekno.kompas.com
Penulis: Cessy Adelya
Editor: Sheila Mitha Kalyani dan Erwin



Go Follow!
Instagram : Cittamagz

Youtube : Cittakmbp



Tidak ada komentar:

Posting Komentar