counter

Minggu, 28 September 2014

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang

MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG KMBP


Halo para pembaca yang budiman, semoga kebahagiaan selalu bersama kita.
Ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Begitu pula dengan kita. Para pembaca tidak akan menyanyangi halaman ini, jika kalian belum mengenal apa itu KMBP. Lalu, mulai terlintas di benak kita semua, apa itu KMBP?

Trip To Jambi
KMBP (Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang) adalah sebuah organisasi yang terdiri dari kumpulan mahasiswa buddhis dari seluruh universitas yang ada di palembang. Tujuan dibentuknya KMBP ini adalah untuk mempersatukan mahasiswa-mahasiswa buddhis dari berbagai universitas dalam suatu wadah yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar mahasiswa buddhis di kota Palembang ini. Dengan tujuan tersebut, berdirilah KMBP pada tanggal 27 November 1983.




Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KMBP, baik yang bersifat sosial, seni, maupun yang bernuansa buddhis. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain bakti sosial ke panti asuhan, maupun panti jompo, dhammatalk, PSOB (Pekan Seni dan Olahraga Buddhis), fang shen, daur ulang bahan bekas, 17 Agustus bersama, Latihan 
Kepemimpinan, Malam Keakaraban, dsb.

DHAMMATALK 2014
KMBP merupakan organisasi yang bersifat non-sekte,  non-politik, SOSIAL, dan independen atau tidak terikat dengan pihak manapun. Selain itu, di bawah naungan KMBP terdapat dua Badan Semi Otonom (BSO), yaitu BSO Majalah Citta dan BSO Kakak Asuh Buddhis. BSO Majalah Citta merupakan wadah bagi anggota KMBP untuk berkreativitas dalam bidang jurnalistik. Melalui BSO Majalah Citta, KMBP mengenalkan kegiatan-kegiatan yang bernuansa buddhis dalam bentuk berita kepada semua umat Buddha di kota Palembang.

Sementara, BSO Kakak Asuh Buddhis (KAB) merupakan bentuk kepedulian anggota KMBP terhadap pendidikan bangsa ini. Melalui BSO KAB ini, KMBP memberi bantuan dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak buddhis dengan prestasi akademik yang cukup bagus namun memiliki keterbatasan ekonomi, dan juga bantuan dalam bentuk les gratis yang diberikan setiap minggu oleh tenaga pengajar yang berasal dari anggota KMBP itu sendiri.

FANG SHEN

Terakhir, dalam agama Buddha kita diajarkan mengenai “EHIPASSIKO”, jadi, datang, lihat, dan buktikanlah sendiri, apa itu KMBP? Benarkah artikel yang kami tulis ini? Dan apakah KMBP itu menurut Anda baik atau tidak?






Sekian dulu perkenalan singkat tentang KMBP. Silahkan untuk sering-sering berkunjung ke halaman ini, semoga apa yang akan kami sampaikan akan membawa manfaat baik untuk kita semua. (ssn)

Sabbe satta bhavantu sukhithata,

Semoga semua makhluk hidup berbahagia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar