counter

Minggu, 08 Maret 2020

Lawan Virus COVID-19 dengan Jaga Imunitas Tubuh


Sistem imunitas memiliki peran yang penting untuk mendukung diri untuk beraktivitas setiap hari. Imunitas tubuh harus di jaga dengan baik agar kita tidak mudah sakit. Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga imunitas tubuh. Tujuan lain kita menjaga imunitas tubuh adalah untuk terhindar dari berbagai virus, salah satunya virus yang lagi marak dibicarakan adalah virus COVID-19. Sebaiknya, kita selaku orang sehat melakukan berbagai pencegahan penyakit. Dalam menjaga imun tubuh, penambahan suplemen dalam bentuk vitamin juga di sarankan, ditambah dengan rutin berolahraga, banyak memakan sayur dan buah, serta mencukupi kebutuhan tidur.
Di bawah ini adalah penjelasan lebih mengenai tips menjaga imun tubuh :


1.         Perbanyak makan sayur dan buah
Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal, kita disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Menurut sebuah penelitian, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur, cenderung tidak mudah sakit. Berbeda dengan orang yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, mereka sangat rentan mendapatkan penyakit, seperti mudah pilek, batuk dan terserang virus lainnya. Hal yang perlu diketahui adalah vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
2.         Cukup istirahat
Kurang istirahat dan kurang tidur dapat meyebabkan turunnya imunitas tubuh. Penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan tidur sekitar 9-10 jam.
3.         Hindari stress
Stres yang berlebihan dapat meningkatkan hormone kortisol. Hormon ini dapat menyebabkan turunnya fungsi kekebalan tubuh. Kita sebagai manusia pasti tak luput dari stress, namun lebih baik kita mengontrol dan mengendalikan stress kita agar tidak ada penurunan fungsi kekebalan tubuh.
4.         Rutin berolahraga
Semua orang pasti tau, apabila kita rutin berolahraga maka kita akan menjadi orang yang sehat. Kita sebagai manusia disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari selama 30 menit, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai virus. Salah satu alternatif olahraga yang mudah dan murah adalah lari.
5.         Hindari rokok dan alkohol
Mengonsumsi rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki resiko tinggi untuk mengalami infeksi paru-paru, seperti bronkitis. Sedangkan pecandu rokok dan juga alkohol, beresiko lebih besar terkena infeksi paru-parunya.
6.         Mengonsumsi suplemen
Suplemen seperti vitamin sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk menerapkan hidup sehat. Mengonsumsi suplemen dapat menjadi pilihan kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah
•           Echinacea
Suplemen ini bermanfaat sebagai antivirus, antiradang dan antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini dapat melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula dan tekanan darah.
•           Morinda citrifolia atau buah mengkudu
Kalium yang terdapat dalam buah ini dapat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Namun apabila terdapat riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen yang mengandung buah mengkudu.
•           Phylatus atau daun meniran
Daun meniran dianggap mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran berfungsi melawan radikal dan memperkuat sistem imun tubuh.
•           Makanan yang mengandung vitamin B6, C dan E
Ketiga vitamin ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Makanan yang mengandung B6 adalah pisang, bayam, wortel; yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, tomat, jeruk dan pepaya; sedangkan yang mengandung vitamin E adalah kacang almond, kuaci, dan alpukat.
Jadi, untuk menerapkan pola hidup sehat itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, ini adalah salah satu langkah terbaik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Sesibuk apapun kita, luangkan lah waktu untuk menerapkan pola hidup sehat. (By: Shintia)
Sumber : Alo Dokter
Go Follow!
Instagram: Cittamagz
Youtube: Cittakmbp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar