counter

Minggu, 08 Maret 2020

FANGSHENG KMBP 2020 SUKSES














Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang (KMBP), mengadakan acara rutin tahunan yaitu Fangsheng dimana kegiatan ini berupa melepaskan hewan-hewan yang masih hidup ke habitat aslinya. Acara ini diadakan di Kelenteng Naga Gunung (Tuo Lang Kong Keng) pada hari minggu tanggal 1 Maret tahun 2020. Anggota KMBP mulai berkumpul di vihara Dharmakirti pukul 6 pagi untuk berangat bersama ke lokasi. Acara pembukaan dimulai pada pukul 7.30 yang di awali dengan kata sambutan ketua panitia dilanjutkan dengan kata sambutan ketua umum KMBP.
Acara di hadiri banyak anggota dan alumni KMBP. Ada juga anggota Sangha yang menjadi pemimpin doa acara Fangsheng yaitu Bhante Bhadra Murti. Seusai doa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan melepas hewan darat dan air. Untuk fangshen darat hewan yang dilepas adalah burung, sedangkan fangshen air hewan yang dilepas berupa kura-kura, lele dan belut dari 3 ketek (perahu kecil).
Setelah melepas hewan air maupun darat, acara di lanjutkan dengan kata sambutan dari Yang Mulia Bhante Bhadra Murti. Dalam kata sambutan Bhante memberikan bimbingan dan pengetahuan mengenai Fangshen "Ketika kita ingin fangshen, kita harus mempunyai kualitas yang baik, supaya hasil kebajikan kita mempunyai nilai lebih, praktek fangshen ini adalah bentuk kasih sayang kita kepada makhluk hidup agar mereka mendapatkan kehidupan yang lebih layak" ucap bhante Bhadra Murti. Selanjutnya Ketua Umum KMBP, Jefry Caesar mengungkapkan bahwa tujuan Fangshen KMBP adalah untuk menebarkan karma baik "(Acara ini) untuk menebar karma baik dari setiap anggota, karma baik bisa di tanam tidak sesama manusia saja, namun juga untuk semua makhluk hidup". Kevin Wang selaku anggota KMBP merasa acara fangsheng sangat bermanfaat dan sebaiknya dilakukan secara rutin "Iya, acara Fangsheng ini bemanfaat  karena kita menyelamatkan makhluk hidup, kita melepaskan mereka ke habitatnya, jadi kita mengurangi penderitaan mereka, kita sebagai makhluk hidup harus saling tolong menolong, hewan tersebut juga termasuk teman kita, makhluk hidup, jadi kita berbagi kebahagiaan juga dengan hewan-hewan yang kita lepaskan" ujarnya.

Acara inti di tutup dengan makan bersama dan evaluasi. Namun, acara masih belum selesai. Kegiatan di lanjutkan dengan games dengan 4 pos, dimana semua anggota KMBP di bagi menjadi 8 kelompok, serta terdapat 1 games Final. Games yang diadakan sangat meriah "Gamesnya seru, dapat memperkuat kebersamaan dan kerja tim" ungkap Sonya Febriany selaku anggota KMBP. Angel Aprianto selaku Ketua panitia berharap acara Fangsheng kedepan bisa lebih baik dari tahun ini "Acara tahun ini sukses dan lancar, semoga tahun depan tradisi ini dapat dipertahankan dan berjalan dengan lebih baik lagi". Acara Fangsheng ditutup dengan perayaan ulang tahun anggota KMBP yang lahir pada bulan Januari dan Februari. (By: Shintia)

Go Follow!
Instagram: Cittamagz
Youtube: Cittakmbp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar