counter

Jumat, 17 April 2020

MERASA SALAH AMBIL JURUSAN KULIAH?

     Terkadang, hidup memang tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Banyak hal yang membuat kita patah semangat dikarenakan jalan hidup yang tidak sesuai dengan skenario yang sudah kita rancang. Semua orang takut pada kegagalan, sehingga tidak ingin mengambil resiko terhadap suatu hal, padahal kita sebagai manusia harus berani melawan arus dan keluar dari zona nyaman.

     Salah satu kasus yang banyak terjadi sekarang adalah salah mengambil jurusan dalam perkuliahan. Banyak mahasiswa mengeluh akibat salah dalam memilih jurusan. Akhirnya, mereka menjadi sering bolos, malas kuliah dan merasa sia-sia mengikuti sesi perkuliahan tersebut. Ini sudah menjadi hal yang biasa, ketika kita merasa tidak berada dijalur yang benar. Rasanya kita ingin pindah jurusan sesuai dengan kemampuan kita. Apalagi saat kita memperoleh tugas kuliah yang sama sekali tidak kita mengerti, pastinya kita menjadi malas mengerjakannya. Jika kita sedang berada di posisi itu, apa yang harus dilakukan? Berhenti kuliah?

     Impian harus tetap diperjuangkan meskipun menghadapi lika-liku yang membutuhkan usaha ekstra untuk mengejarnya. Itulah tantangan hidup, kita hidup di dunia tidak mungkin berjalan lurus dan mulus begitu saja. Mengejar ilmu walau tidak sesuai dengan kata hati, tanpa disadari akan memperoleh banyak hal.

    Ketika kita kuliah sesuai passion yang dimiliki, maka pastinya kita sudah memiliki dasarnya, namun ketika kita berkuliah di jurusan yang sama sekali bukan passion yang kita miliki, kita pasti akan banyak menemukan hal-hal baru dan wawasan lainnya. Saat mengambil jurusan impian, belum tentu semua akan seperti yang kita bayangkan. Hal tersebut juga tidak dapat menjamin aktivitas kuliah akan berjalan tanpa masalah.

     Daripada kita menyesali atau banyak mengeluh, lebih baik berjuang dengan ekstra. Jika sudah tertanam kata tidak mau, maka selama kita menjalaninya, semua terasa tidak bias. Sebaliknya, jika kita mau berjuang dan berusaha, pasti kita bisa menggapai semuanya walau di bidang (jurusan) yang berbeda. Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin kesuksesan kita meskipun di jurusan impian sekalipun. Banyak orang diluar sana yang kuliah di kampus dan jurusan impian, tapi sekarang masih menganggur.

     Kalian harus selalu ingat bahwa dunia terus berputar, dunia tidak akan berhenti ketika kalian salah mengambil jurusan. Cobalah melihat ke depan, jangan terus merasa terpuruk, bangkitlah dengan berani melawan semuanya. Jika dalam proses belajar kita mengalami masalah, carilah teman belajar. Selalu akan ada solusi dibalik semua masalah. Jangan karena satu masalah kecil, kita sudah patah semangat dan menyerah. Justru dengan tantangan-tantangan seperti itulah yang membuat motivasi kita harusnya semakin baik.


     Selain itu, harus kita ketahui bahwa hidup harus tetap berlanjut. Tetap berpikir positif karena sebenarnya belum tentu kita salah dalam memilih jurusan. Tetapi andai pun memang benar salah jurusan, satu yang perlu diingat bahwa tidak ada perkuliahan yang sia-sia, pasti akan bermanfaat untuk hidup kita ke depan.

     Silahkan kita untuk menentukan 2 pilihan, yaitu berusaha menemukan harta karun atau tersesat dalam pencarian harta karun tersebut. Jika pilihan kita adalah berusaha menemukan harta karun, maka berusahalah mulai dari sekarang. Pepatah mengatakan bahwa tidak ada usaha yang menghianati hasil. Kita pasti akan belajar dan menemukan banyak hal pada saat proses mendapatkan harta karun tersebut.

     Semangat untuk kalian semua yang sedang menghadapi tantangan seperti ini. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu yang ada karena semua orang sukses tidak pernah rela membiarkan waktunya terbuang sia-sia. Ingat, semua akan indah pada waktunya. 

(Penulis : Shintia)

Go Follow!
Instagram: Cittamagz
Youtube: Cittakmbp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar