counter

Rabu, 16 Juni 2021

Pancasila Buddhis

 



       Pancasila Buddhis adalah ajaran dasar moral agama Buddha, yang ditaati oleh para pengikut Sidddharta Gautama. Kata Pancasila ini berasal dari bahasa Sanskerta pañcaśīla dan bahasa  Pali pañcasīla yang berarti berarti Lima Kemoralan atau Lima Nilai Moral. Pancasila Buddhis digunakan untuk seseorang yang akan memasuki kehidupan beragama Buddha. Sang Buddha bersabda bahwa, “Barang siapa sempurna dalam sila dan mempunyai pandangan terang, teguh dalam dhamma, selalu berbicara benar dan memenuhi segala kewajibannya, maka semua orang akan mencintainya (Dhammapada, XVI: 217).

Isi Pancasila Buddhis:
  1. Aku bertekad melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup                                        Pāṇatipātā Veramaṇi Sikkhāpadaṁ Samādiyāmi
  2. Aku bertekad melatih diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan              Adinnādānā Veramaṇi Sikkhāpadaṁ Samadiyāmi
  3. Aku bertekad melatih diri menghindari perbuatan asusila                                                    Kāmesu micchācārā veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.
  4. Aku bertekad melatih diri menghindari ucapan bohong                                                          Musāvādā Veramaṇi Sikkhāpadaṁ Samādiyāmi
  5. Aku bertekad melatih diri menghindari minuman keras, barang madat yang menyebabkan lemahnya kesadaran                                                                                                                Surāmeraya Majjapamādaṭṭhānā Veramaṇi Sikkhāpadaṁ Samādiyāmi

Makna Pancasila Buddhis:
  1. Setiap orang tidak ingin menderita                                                                                                      Setiap orang tidak ingin menderita tetapi menginginkan kebahagiaan. Bila kita tidak ingin menderita, janganlah membuat orang lain menderita. Hal ini merupakan landasan utama dalam pembentukan Pancasila Buddhis
  2. Aku bertekad…                                                                                                                                Bila bahasa Pali dalam Pancasila Buddhis diartikan ke Bahasa Indonesia, kelima isinya akan diawali dengan “Aku bertekad”. Yang menjadi bagian penting di sini adalah “Aku” dan “tekad”. Aku berarti semua hal dimulai dari diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Tekad adalah kekuatan untuk melaksanakannya.
  3. Melatih diri                                                                                                                                  Semua isi Pancasila Buddhis menggunakan kata “melatih diri” yang berarti senantiasa berusaha mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini berarti tidak ada paksaan untuk melaksanakan Pancasila Buddhis, semua bergantung pada diri sendiri. Namun, jangan dijadikan alasan untuk sengaja melanggar, dengan mengerti apa yang baik dan tidak baik diharapkan kita lebih bijaksana dalam bertindak dan melaksanakan Pancasila Buddhis secara bertahap hingga semakin sempurna dalam pelaksanaannya.
  4. Konotasi Pasif dan Aktif                                                                                                           Semua atruan dalam Pancasila Buddhis menggunakan kata “menghindari” yang diikuti tindakan- tindakan buruk yang merupakan bentuk pelanggaran terhadap sila. Hal ini berarti Pancasila Buddhis bersifat pasif-aktif yaitu pasif dengan menghindari segala tindakan- tindakan tersebut sekaligus aktif melakukan kebajikan dengan menunjang tidak terjadinya tindakan- tindakan yang melanggar sila .

Manfaat Melaksanakan Pancasila Buddhis

    “Dan para perumah tangga, ada lima keuntungan dari seseorang yang bermoralitas baik dan yang berhasil dalam moralitas. Apakah lima ini?"

Pertama, karena penuh perhatian terhadap tugas- tugasnya, ia memperoleh keuntungan dan kekayaan. Kedua, ia memperoleh reputasi baik karena moralitas dan perbuatan baiknya. Ketiga, kelompok apapun yang ia datangi, apakah Khattiya, Brahmana, perumah tangga atau petapa, akan melakukannya dengan penuh keyakinan dan penuh percaya diri. Keempat, ia meninggal dunia dengan tenang dan tidak bingung. Kelimat, setelah meninggal dunia, saat hancurnya jasmani, ia muncul di alam yang baik, di surga. Ini adalah lima keuntungan dari seseorang yang bermoral baik, dan yang berhasil dalam moralitas” Digha Nikaya 16 (1.24)


Penulis : Prilly Emerald Paramitha

Editor   : Chelline Nandya 


Sumber

Bikkhu Uttamo. Penerapan Pancasilla Buddhis dalam Kehidupan Sehari-hari. 2017. 

     https://majalah-hikmahbudhi.com/ Diakses pada 13 Juni 2021

Pancasila Buddha. 2018. http://p2k.itbu.ac.id/ Diakses pada 13 Juni 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar